hey Hey!! pa Kabar semua ?
hari ini gue akan membahas tentang customer service ..
ada yang kerjanya sebagai customer service gitu ga ?? *kalo iya silakan angkat tangan ..hehehe*
jadi ada sebuah kejadian gitu ..
seorang oknum A (nama disamarkan) mendapat tagihan matrix aka indosat gitu ..
dan oknum tersebut bingung knapa tengah bulan (tgl 15an) udah keluar tagihannya ?
dan seharusnya abodemen itu kan 65 ribu dan biaya gprs itu 25 ribu ..
tapi mengapa di tagihan itu tertera abodemen 78 ribu (aneh bukan nominalnya yang ganjil begitu?) dan gprsnya 30 ribu ..
terus2 sebenernya inti utamanya bukan soal itu sih .. silakan di simak yaa .. hehe
jadi karna bingung tentang tagihan itu otomatis oknum tersebut mendatangi counter matrix dan bertanya kepada customer servicenya dong ?? *langkah yang bijaksana bukan?*
oknum tersebut datang kesitu dengan harapan akan mendapat jawaban dong .. iya toh?
lalu mulailah percakapannya dengan sang customer service tersebut yang merupakan seorang wanita :
oknum A (oA): mba, saya mau nanya .. ini kok saya dapet tagihan hp tp baru sampe tgl 15 .. dan abodemen kan bukannya 65 ya mba? kok disini 78 ribu ya??
sang customer service (scs): *diem aja sambil mikir*
oA: *hening*
scs: ohh itu mungkin karena blablabla-RATE *hanya kata rate doang yang bisa di mengerti*
oA: *tabah aja walopun ga ngerti maksudnya* oh gitu ya .. trus gprs kan 25 ribu .. ini kok disini 30 ribu ya ?? *sambil nunjuk kertas tagihan*
scs: *diem lagi* (gue yakin bener karena ga bisa jawab tuh hahahaha)
scs: itu juga mungkin karena blablabla-RATE *yakk betul sekali lagi cuma kata rate doang yang saya mengerti*
oA: oh jadi itu sebenernya bukan 25 ribu ? tp 30 ribu ? trus abodemennya 78 ribu?
scs: bukannya itu cuma tarif awalnya aja .. ntar bulan berikutnya 65 ribu dan 25 ribu
oA: oh gitu .. iya deh saya bayar *padahal binun gitu*
scs: bayarnya disitu *sambil nunjuk ke kasir dengan gak sopannya dan cuma beda 1 kursi doang dari dia*
oA: makasih ya mba
dan setelah bayar itu .. oknum A memang bermasalah dengan gprsnya dan mau nanya ttg mailboxnya gitu ... dan mengantrilah diaa kepada mba2 yang tadi juga .. dan tampaknya walopun sebenernya mba2 customer servicenya ada 2 cuma kok knapa yang satu lagi juga males .. cuma diem aja .. udah tau ngantri .. ya mbok ya ngelayanin customer kek .. eh malah cuma duduk2 doang ngeliatin ..
dan datanglah giliran oknum A tersebut :
oA: mba saya mau nanya knapa ya mailbox saya itu ga bisa nyambung .. maksudnya kalo telpon saya mati ngak nyambung ke mailbox ..
scs: oh itu harus daftar dulu .. telpon aja ke **** (dia menyebutkan nomer telpon)
oA: oh emangnya harus daftar dulu yaa ... tapi saya udah coba2 terus telp ke nomer itu ga pernah nyambung
scs: emang itu nomernya .. mas coba lagi deh .. mungkin belom di coba .. emang cuma itu nomernya
oA: trus oh iya mba .. itu gprs saya knapa ga bisa connect ? cuma bisa buka sitenya satelindo access doang
scs: ya emang bgitu *yakk sodara apakah jawaban tersebut menjawab??*
oA: bukannya seharusnya bisa buka yang laen juga ?
scs: ya udah mas udah coba yang laen emang?
oA: iya saya coba buka yahoo ga bisa ..
scs: jadi itu karena salurannya masih berupa bla bla bla bla bla bla ... *gak jelas deh ngomong apaan ... hehehe*
oA: oh gitu yaa .. jadi emang ga bisa
scs: ya emang gitu
oA: iya deh mba makasih ..
scs: *pasang muke males*
setelah jalan keluar dari counter tersebut gue tanya sama oknum A:
miTha: sebenernya tadi dia ngomong apaan sih ?
oA: ya dia bilang suruh telp ke nomer telp **** .. tapi itu nomer telp ga pernah bisa di hubungin ..
miTHA: jadi intinya ngerti ga dia ngomong apaan?
oA: ga sihh ...
miTHA: terus jadi ga nyelesein masalah?
oA: ya udahlah dianya juga emang jawabnya juga udah males kali ..
miThA: ya ampunn .. aneh ya tu orang
dan gue cuma heran aja sih ... gue sering gitu ke customer service m3 untuk nanya ttg gprs dan mereka layanin gue dengan baek hati kok .. dan kalo gue nanya pasti dia jawab sesuai dengan yang gue tanya .. bukan malah ngomong hal yang laennya lagi ... hahaha aneh yaa ...
ada pernah ngalamin kejadian kayak gini gak ?? silakan berbagi2 cerita yaa .. abis bingung aja gitu .. kalo emang males ngelayanin customer knapa jadi customer service yaa ?? hehehehehe